Flash Back 2013 - Sekarang (Part 2)

Halo semuanya.
yuk kita lanjut lagi ya untuk lanjutin flash backnya, oia kalo belum baca yang part 1 nya bisa baca disini yaa..

Oke kalo kemarin di udah sampe tahun 2017 ya. Yuks lanjut ke tahun 2018. Kaya yang udah saya ceritain kalo saya keterima CPNS di salah satu Kementerian dan dapet info kalo saya penempatan di Batam. Jadi di awal 2018 saya harus pindah ke Batam, sebenernya gak langsung ke Kota Batamnya sih tapi harus lapor dulu ke Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian yang ada di Tanjung Pinang dan ternyata gak cuma lapor aja, tapi ada Orientasi CPNS juga di Tanjung Pinang selama beberapa minggu. Impresi saya di Kota ini itu kota yang gak rame-rame amat tapi gak terlalu sepi juga, bagi yang suka ke Mall, waktu saya tinggal disana cuma ada satu Mall gede, udaranya cukup bersih, saran saya kalo emang mau netap lama disana harus cepet-cepet punya kendaraan karena angkutan umum dikota ini jarang, untuk biaya hidup saya rasa gak jauh beda dari kota-kota di jawa, kota ini cocok untuk orang yang seneng ketenangan, kalo orang yang udah biasa dengan hiruk pikuk Jakarta, kayanya sih kurang cocok ya soalnya ayah saya cerita sih kalo dia kurang cocok sama suasana di Tanjung Pinang. hahaha.

Oke lanjut, setelah beberapa minggu di Tanjung Pinang, saya pun dipindah ke UPT Kementerian tersebut yang ada di Kota Batam. Pertama kali saya sampe Batam emang langsung kerasa beda atmosfernya sama di Tanjung Pinang, Kota ini jauh lebih rame dari Tanjung Pinang yang notabene Ibukota Provinsi. Jujur aja saya cukup takjub sama tata kota Batam, karena semuanya udah dirancang dari awal, mohon maaf gak kaya di Kota Asal saya dimana kalo mau pelebaran jalan itu bingung mau ngambil tanahnya gimana, di Batam ini udah disetting jarak bangungan ke jalan utama itu harus berapa meter dan lain-lainnya, makanya disini mau ngegedein jalan juga gak bingung. Untuk Mall di Batam ini ada cukup banyak mall, jadi bagi kalian yang sukanya ngemall ya silahkan lah muterin seluruh mall yang ada di Kota ini. Intinya kota ini enak untuk dijadiin tempat tinggal, macet juga sangat-sangat jarang terjadi di kota ini, walopun ada paling karena lampu merah, kecelakaan, ato karena ada event.

Oke kita lanjut ke kegiatan saya itu ngapain aja sih selama di Batam ini, awal dateng ke Batam jelas lapor dulu ke UPT tempat saya tugas, habis itu kita ada Orientasi (lagi) selama 2 minggu, di minggu pertama itu lebih banyak untuk pengecekan kelengkapan berkas-berkas CPNS sama perkenalan area sekitar kantor. baru diminggu kedua kita mulai orientasi lapangan, dibagi ke bidang-bidang dan Unit layanan luar kantor lainnya, jadi diminggu kedua ini full muter-muter kota Batam. Habis itu baru penempatan CPNS kita deh. Penempatan pertama saya di bagian Humas, mungkin karena background pendidikan saya yang kebetulan di IT. Job Desk saya itu ngedata dan ngearsipin dokumen-dokumen kantor, buat konten untuk media sosial, kadang juga nemenin pimpinan untuk hadir ke acara luar kantor (supir). hahaha, namanya baru jadi CPNS ya, jadi disuruh apapun ya hayu-hayu aja deh, jadi bagi kalian yang terbiasa ritme kerja di swasta, mungkin bakalan rada-rada gak nyaman awalnya, karena emang kaku banget kerja di pemerintahan, kalo dibilang enak, ya ada enaknya ada enggaknya

Oke lanjut gak kerasa sampe waktunya saya harus masuk asrama lagi buat Latihan Dasar (Latsar) CPNS kalo dulu namanya Prajabatan CPNS, latsar ini kita belajar tentang nilai dasar-dasar PNS ato ASN yaitu ANEKA (Akuntabilitas, Nasionaliseme, Etika Publik, Komitmen Mutu, Anti Korupsi) ini merupakan tahapan wajib untuk CPNS jadi PNS, pelatihan ini dilaksanain selama 3 bulan, dimana 1 bulannya on-campus terus 2 bulannya lagi off-campus untuk ngelaksanain aktualisasi di UPT tempat kita kerja, Aktualiasasi ? apaan tuh ? jadi Aktualisasi itu adalah penerapan perubahan ato inovasi yang kita lakukan di tempat kerja kita agar kinerja di tempat kerja kita semakin bagus, tentunya inovasinya ato perubahannya sesuai sama nilai ANEKA tersebut yaa. Setelah selesai off-campus udah dong ya ? ya enggak gitu juga sih, setelah selesai off-campus kita dipanggil lagi buat presentasi akhir, ya kaya sidang skripsi lah. Habis itu langsung jadi PNS ? Ya jelas belum laah, masih harus medical checkup lagi, terus baru deh pengangkatan PNS. hehehe.

jadi 2018 itu dimulai sebagai CPNS di humas, kalo tahun 2019 dimulai sebagai PNS di salah satu perlintasan internasional di Batam. Ini pertama kalinya tugas di tempat perlintasan internasional gini, harus bisa profiling orang baik WNI ato WNA yang mau ngelintas, emang keliatannya kerjanya gampang, padahal mah tanggung jawabnya gede. Nah di tempat ini saya dapet banyak ilmu, mulai dari profiling orang, cara bicara sama orang lain, sampe handle tamu, karena kebetulan saya juga tugasnya jadi protokoler, apa lagi tuh protokoler ? Mungkin kalo kita gugling, protokoler itu lebih ke arah acara upacara ato seremonial gitu ya, tapi protokoler disini itu suatu posisi untuk semacem ketua tim lah yang tugas saat itu, emang tugas utamanya untuk handle tamu yang dateng ato berangkat, tapi selain itu juga sebagai koordinator tim, jadi kalo ada trouble di grup itu alurnya : 

petugas => protokoler => office => spv => kepala seksi => kepala bidang => kepala kantor

Jujur aja kalo yang kalian pikirin kalo jadi PNS itu enak bisa pulang cepet, kalian salah gaes, hal itu gak berlaku di kementerian saya ini, mungkin kalo tugas dikantor masuknya masih jam kerja normal, tanggal merah juga ikutan libur, tapi kalo di tempat perlintasan begini jangan harap deh, kita gak kenal hari, kenalnya cuma sama jadwal on ato off aja, mau itu hari libur nasional ato hari besar keagamaan ya tetep aja masuk kalo emang jadwalnya masuk, terus buat pulang, apa bisa kita pulang cepet ? gak ada pulang cepet gaes, kalo shift pagi jam 5.30 harus udah mulai, pulang jam 14.00 paling cepetnya, kalo shift siang jam 14.00 sampe jam 22.00, kalo pas lagi rame ato tiba-tiba ada masalah, bisa lebih panjang dari itu. Jadi kalo emang kalian mau jadi PNS, silahkan dipilih baik-baik tempat tugasnya yaa, baca-baca dulu ato nanya-nanya dulu gitu.

Gak kerasa udah setahun aja nih di tempat perlintasan internasional ini, tandanya siap-siap diputer deh, dapet kemana yaa di tahun 2020 ? Ternyata saya stay ditempat itu men, ya jadi 2020 saya dimulai ditempat yang sama belum geser walopun ada beberapa temen yang geser ketempat yang baru. Awal 2020 ini masih dengan ritme yang sama gak terlalu banyak berubah dengan tahun sebelumnya, di Batam saat itu udah kedengeran tuh yang naman covid-19 ato virus corona, tapi belum terlalu gimana-gimana beritanya, sampe akhirnya negara tetangga kena, ya Singapura dan Malaysia terkonfirmasi kasus covid-19. Mulai hectic lah itu, prokes mulai dilakuin, namanya masker itu pake n95 ditambah masker medis, hand sanitizer wajib, pokoknya udah siap sedia deh, cuma perlintasan belum tutup, SG dan MY pun masih buka bordernya, dan kayanya di daerah lain di Indonesia juga belum se hectic di Batam. Sampe akhirnya muncul lah kasus covid di Indonesia, baru deh pada panik, karena udah ngalamin duluan, jadi saya selow-selow aja. hehe.

Di bulan maret baru SG nyatain kalo mereka akan tutup border dari dan ke negara lain, disusul MY ikutan tutup border, Indonesia pun sama tutup border. Efek dari border ditutup, akhirnya disetting WFO/WFH selain untuk ngurangin jumlah kerumunan, ngapain juga banyak-banyak ngumpul di tempat itu, orang gak ada yang lewat juga. hahaha.

Disinilah saya ngerasain WFO 1 hari, WFH 10 hari, mantap betul. Awal-awal sih seneng-seneng aja, ya gimana gak seneng, dari awal jarang libur, susah buat ambil cuti, lah ini WFH 10 hari men, tapi setelah itu baru mulai bosen, WFH tapi gak bisa kemana-kemana juga, yang biasanya banyak aktivitas, ini langsung gak ngapa-ngapain dong. Sampe akhirnya pertengahan tahun ada rolling internal di bidang saya, dan saya pun harus pindah tugas ke tempat yang baru, masih di tempat perlintasan Internasional juga di Batam. Oia untuk informasi, di Batam ini ada beberapa tempat Perlintasan Internasionalnya ya, ada 5 Pelabuhan dan 1 Bandara, terus ada 2 pelabuhan kargonya. Okee lanjut lagi, di tempat yang baru ya sama aja sih kaya tempat yang lama, gak ada kegiatan juga, karena bukan tempat kargo juga jadi ya gitu-gitu aja deh. Alhamdulillahnya di tahun 2020 ini saya juga Menikah sodara-sodara. Hehe. Setelah berjuang LDR yang begitu lama dan banyak sekali halangan serta rintangannya akhirnya bisa ke pelaminan. Alhamdulillah. Terus nyonya ikut ke Batam dong, ya jelas ikut ke Batam tapi cuma beberapa hari aja. Soalnya doi belum resign. yap harus LDM dong, sampe dipenghujung tahun saya kebagian diklat fungsional. Nah ini informasi lagi nih, kalo kalian jadi PNS kan liat formasinya tuh, nah cek lah itu formasi kalian masuknya ke jabatan apa, apakah fungsional tertentu ato fungsional umum. Kalo kalian masuk fungsional tertentu, kalian bakalan dapet yang namanya diklat fungsional. Mungkin nanti saya buat postingan soal PNS kali ya, biar agak dalem penjelasannya ya. Oke lanjut saya ikut diklat fungsional itu selama sebulan, sayangnya ini lagi pandemi, jadi diklatnya via pemberlajaran jarak jauh ato daring (online). Padahal kalo situasi normal, lumayan kan diklat di Jakarta, bisa ketemu keluarga gitu. Tapi gak apa-apa deh yang penting diklatnya lulus. hehe.

Oke lanjut ke tahun 2021 nih, di awal tahun dapet info kalo katanya Kepala Kantor yang baru ini gak suka rolling-rolling posisi, ya saya sih selow-selow aja ya toh mau dimana aja sama juga ko, tapi ternyata ada rolling dong, saya pun kena rolling ke kantor tapi bukan di kantor, lah maksudnya gimana tuh ? Iya saya masuk ke bagian Dokumen Perjalanan, tapi tugasnya di Unit Layanan yang di luar kantor. Alhamdulillah, ini sesuai sama yang saya harepin juga sih, dua tahun di tempat perlintasan itu rasanya pengen ngerasain libur tanggal merah. hahaha. Disini saya belajar banyak hal baru juga, karena baru pertama kalinya di seksi ini, namanya tempat baru kita butuh penyesuaian kan, Alhamdulillah kerasa nyaman juga rasanya. Sampe akhirnya masuk bulan puasa, oia saya lupa cerita kalo Alhamdulillah Istri udah hamil gaes, bisa dibilang cukup cepet dikasih rezeky sama Allah. dibulan puasa ini udah persiapan buat lahiran anak, cuma ya kita masih LDM ya, istri jg masih kerja ditempat yang sama, karena masih di hold juga sama tempat kerjanya. Perkiraan dokter sih anak kami lahirnya di bulan Mei, tapi siapa sangka akhir April istri ngabarin kalo dia ketubannya rembes dan setelah cek ke dokter diminta segera ambil tindakan SC (Sectio Caesar) untuk nyelametin bayinya karena air ketubannya udah ijo juga. Saya di Batam ini langsung nyari pesawat yang paling cepet, saat itu dapet Citilink jam 10.00 sebenernya ada 2 flight di sekitaran jam segitu, Batik 9.45, dan citilink jam 10.00, tapi karena batik suka cancel, akhirnya saya ambil Citilink, dan ternyata, Citilinknya delay gaes, sampe 2 jam itu delay, beuh hati rasanya udah dag-dig-dug aja ituu, Alhamdulillah bisa berangkat jam 12-an pake pesawat garuda. Harusnya seneng dong naik Garuda, iya seneng kalo emg kondisinya mau pulang biasa, lah ini kondisinya istri udah harus masuk ruang operasi, Alhamdulillah jam 13.30 saya landing di Soetta, baru aja nyalain hp, gak lama adek saya ngabarin via WA kalo anak saya udah lahir. Alhamdulillah, nyampenya barengan sama bapaknya. Kalo ditanya sebel ato kesel, ya jelas sih tapi mungkin ini semua jalan terbaik dari Allah. Alhamdulillah di bandara juga dijemput sama kakak saya, akhirnya bisa sampe lah di rumah sakit. Karena kelahiran anak saya ini, akhirnya saya bisa ngerayain Idul Fitri bareng sama keluarga besar. Ko bisa sih ? Ya jelas bisa dong, di PNS itu ada yang namanya cuti alasan penting, cuti ini bisa kita ambil kalo kita melangsungkan pernikahan, lahiran, ato duka cita, cuti ini bisa maksimal diambil selama 30 hari. Waw enak banget dong bisa cuti sebulan, ya gak sebulan juga sih sebenernya karena itungannya bukan hari kerja, tapi hari kalender. Terus kalo pake cuti ini juga Tunjangan Kinerja kita dipotong 2.5% / hari kerja. Nah loh galau kan mau ngambil cuti ini. hahaha.

Ternyata cuti udah selama itu masih kurang juga rasanya ya, namanya juga manusia gak pernah puas ye kan. Ya dan akhirnya sampe sekarang saya masih di seksi yang sama dan masih di Batam juga. Postingan ini kayanya yang paling panjang deh, semoga aja kalian yang baca (kalo ada) gak bosen bacanya yaa.

Sampe sini aja dulu ya, disini udah jam 1 malem nih, belum ngantuk sih, tapi udah bingun mau cerita apaan lagi.
Thank you semunya.. 😁


Komentar

Postingan populer dari blog ini

milih yang ini apa yang itu yaa ????