Bebi, My First...
Halooo...
Hari ini saya mau cerita soal Bebi, kalo yang belum tau Bebi itu mobil pertama saya, yang bener-bener dibeli pake uang sendiri. hahahaha. Mungkin kalo ada pembaca yang pernah kepo-kepo akun instagram saya, saya pernah posting beberapa mobil, nah mobil-mobil itu ya punya ortu sih walopun saya yang makenya. Oke balik lagi ke topik, jadi Bebi nih mobil apa sih ? Ko bisa dipanggil Bebi ?
Jadi, Bebi ini sebuah sedan tua ya gak tua tua amat sih, cuma udah cukup berumur, dia itu Honda Accord CM5 keluaran tahun 2005. Dapet panggilan bebi karena nyonya ngerasa saya lebih manjain bebi dibanding doi. hehehe. Oia ini penampakannya :
Yup itu Bebi, mobil sedan bongsor dengan mesin 2400cc, mobil ini keluar di tahun 2003 terus facelift di 2006 sebelum akhirnya digantiin sama adenya accord CP2 di tahun 2008, mesin mobil ini pake K24, mesin yang juga dipake Odyssey dan CRV, tenaga mobil ini cukup lah untuk dipake di jalanan Batam yang Alhamdulillah gak macet tapi kalo soal borosnya sih tetep kerasa ya. hahaha. CM5 ada dua trim yaitu VTI dan VTI-L, nah Bebi ini trim yang VTI-L, apasih bedanya VTI sama VTI-L ? Kalo secara tampilan sama mesin sih gak terlalu keliatan bedanya ya cuma lampu yang VTI-L udah pake hid sama sensor parkir, tapi fitur interiornya banyak bedanya, untuk VTI-L itu AC nya udah dual zone terus udah ada cruise control, CD changer standarnya udah bisa 6 CD sekaligus, udah pake wood panel, sama pengaturan elektrik buat jok supirnya, selain itu yang VTI-L juga udah ada airbag samping.
Mobil ini pas saya beli kondisinya udah ada beberapa modifikasi, yaitu udah pake velg AMG ring 19, pake head unit tambahan, kamera mundur, terus dikasih led untuk lampu senja sama sign. Overall mobil ini enaaak banget, bantingannya empuk, kabinnya kedap banget, ya namanya juga sedan mewah dijamannya, jadi aura mewahnya masih kerasa. Mobil yang fun to drive banget, untuk sekelas sedan bongsor, pengendaliannya bisa dibilang enak, dibanding sama Camry XV50 punya orang tua saya masih lebih enak Bebi. Asli fun banget deh, tenaganya juga ngisi terus, cuma ya di Batam ini gak bisa ngebut-ngebut banget sih, soalnya gak ada tol walopun jalanannya gede-gede ya. Terus minusnya mobil ini apa nih ? Minusnya yang jelas ya bensin lah. hahahahha. saya isi pertamax 200rb dipake jalan sekitar 125Km jarum bensinnya udah balik ke posisi asal, terus selain bensin, spare part mobil ini juga bisa dibilang cukup mahal. Tapi logikanya udah berani ambil mobil mewah gini ya harus tau konsekuensinya sih kalo bensinnya boros dan spare partnya belum tentu murah.
Jadi selama make apa aja yang rusak nih ? Good Question selama make kerusakan yang paling parah saya alamin yaitu ganti gearbox, ya gearbox rusak itu paling mahal dan parah yang saya rasain, rusaknya tiba-tiba gak ada gejala apapun sebelumnya, gak ada suara jeduk ato apapun, tiba-tiba mobilnya slip, cek ke bengkel akhirnya di vonis rusak gearboxnya, tanya biaya overhaul ato ganti segelondong ternyata gak beda jauh, akhirnya ganti segelondong gearbox daripada mobilnya jadi gak bisa dipake kan. Enek ya rasanya ? Enek sih sebenernya, tapi mungkin itu jalan dari Allah juga buat ngenalin sama orang-orang baik. Alhamdulillah berkat kerusakan Bebi itu akhirnya nambah sodara dan jadinya sekarang pun kalo servis mobil ya ke bengkel langganan itu. Kalo selain gearbox sih udah gak ada lagi ya, palingan cuma ganti stabilizer belakang sama bushing arm aja sih, sama kerusakan-kerusakan minor.
Jadi ada saran bagi yang mau ambil mobil ini ? Saran ada beberapa, yang pasti kalo emang mau ambil mobil ini pastiin semuanya sehat ya, kaki-kaki mobil Honda itu terkenal ringkih, jadi cek kaki-kakinya yang bener, kalo mesin sebenernya K24 ini termasuk mesin yang bandel, cek aja ada yang bocor-bocor ato rembes enggak itu mesinnya, jangan lupa cek radiatornya juga, soalnya saya sempet overheat sekali, ternyata radiatornya kotor. kalo dalemnya sih tinggal cek aja fitur-fiturnya masih hidup semua ato enggak, sama knob ac mobil ini rada susah nyarinya dan untuk mobil seumuran dia rata-rata udah ada yang lepas, biasanya knob bagian penumpang yang lepas, untuk trim VTI-L itu gak masalah sih, soalnya dual zone nya bisa diakalin pake knob yang bagian supir cuma kalo ngambil trim yang VTI kan gak dual zone tuh, knob di bagian penumpang itu buat ngatur kecepatan anginnya, jadi kalo patah ya berabe juga. Paling tricky nya itu yang bagian transmisi, karena transmisi ini kalo rusak bisa ada gejala, bisa tiba-tiba rusak, kalo emang gak pengen terlalu pusing ato deg-degan soal transmisi, silahkan cari unit yang manual, kebetulan CM5 ini Accord terakhir yang masih ada transmisi manualnya, dan pesan terakhir ini berlaku untuk yang mau beli mobil second, pastiin punya dana cadangan untuk ambil mobil second, soalnya namanya mobil second hampir dipastikan ada PR nya, apalagi ambil mobil mewah second harus bener-bener agak banyak siapin dana cadangannya, karena spare partnya pun mewah harganya. hahaha.
Terus mobilnya masih dipake sampe sekarang ? Enggak udah dijual. hehe.
Loh padahal mobilnya udah enak gitu, kenapa dijual ? Sebenernya sayang sih ngelepas Bebi, mana kondisinya lagi enak-enaknya, cuma ya kebutuhan mengalahkan segalanya, kondisi pandemi ini bener-bener ngehantem usaha sampingan. Demi modal buat nikah ya dijual lah itu Bebi. Istilahnya kalo mobil mah bisa kita beli lagi, tapi kalo nikah mah kalo bisa sekali aja. Lagian saya yakin juga kalo emang niatnya buat ibadah Insya Allah bakalan kasih lagi ko, malah bisa lebih dikasih sama Allah. hehe.
Oke deh paling segitu aja dulu ceritanya yaa, udah maghrib juga nih, kayanya saya bakalan cerita-cerita beberapa mobil yang pernah saya pake, termasuk cerita mobil yang lagi saya pake sekarang si Konil. hehe.
Thank you udah baca.
Ini beberapa tampilan Bebi buat yang pengen liat lebih detail lagi.
Komentar
Posting Komentar